Jumat, 24 Januari 2014

Dalam tiga pelajaran , Anda telah belajar bagaimana untuk memasukkan kode program dan menjalankan program VB2010 sampel tetapi tanpa banyak pemahaman tentang logika pemrograman VB2010 . Sekarang , mari kita turun untuk belajar beberapa aturan dasar tentang menulis kode program VB2010 .

Pertama-tama , izinkan saya mengatakan bahwa meskipun VB2010 sangat mirip dengan VB6 dalam hal struktur Interface dan program, konsep dasar mereka sangat berbeda . Yang berbeda adalah bahwa VB2010 adalah Object Oriented Programming Language penuh sementara VB6 mungkin memiliki kemampuan OOP , itu tidak sepenuhnya berorientasi objek . Dalam rangka memenuhi syarat sebagai sepenuhnya berorientasi objek bahasa pemrograman , ia harus memiliki tiga teknologi inti yaitu enkapsulasi , inheritance dan polymorphism . Ketiga istilah tersebut dijelaskan di bawah ini :

Encapsulation

Encapsulation mengacu pada pembuatan modul mandiri yang mengikat fungsi pengolahan data . Tipe user-defined data ini disebut kelas . Setiap kelas berisi data serta seperangkat metode yang memanipulasi data . Komponen data kelas disebut variabel instan dan satu contoh dari kelas adalah obyek . Sebagai contoh, dalam sistem perpustakaan , kelas bisa menjadi anggota , dan John dan Sharon bisa dua contoh ( dua benda ) dari kelas perpustakaan .

warisan
Dalam pemrograman berorientasi objek , kelas dibuat menurut hirarki mereka , dan warisan memungkinkan struktur dan metode dalam satu kelas yang akan diturunkan hirarki ke kelas lain . Itu berarti lebih sedikit pemrograman diperlukan saat menambahkan fungsi untuk sistem yang kompleks , oleh karena itu menghemat waktu dan usaha . Jika langkah yang ditambahkan di bagian bawah hirarki , maka hanya proses dan data yang terkait dengan langkah unik perlu ditambahkan . Segala sesuatu tentang langkah yang diwariskan . Kemampuan untuk menggunakan kembali benda-benda yang ada dianggap sebagai keuntungan utama dari pemrograman berorientasi objek .




polimorfisme
Pemrograman berorientasi obyek memungkinkan prosedur tentang objek yang akan dibuat yang tepat jenis tidak diketahui sampai runtime . Sebagai contoh, sebuah kursor layar dapat berubah bentuk dari anak panah ke garis tergantung pada mode program . Rutin untuk memindahkan kursor pada layar dalam menanggapi gerakan mouse akan ditulis untuk " kursor , " dan polimorfisme kursor yang memungkinkan untuk mengambil bentuk apapun yang diperlukan pada saat runtime . Hal ini juga memungkinkan bentuk baru untuk dengan mudah diintegrasikan .

VB6 bukan OOP penuh dalam arti bahwa ia tidak memiliki kemampuan warisan meskipun dapat menggunakan beberapa manfaat dari warisan . Namun, VB2010 adalah Object Oriented Programming Language berfungsi penuh , seperti OOP lainnya seperti C + + dan Java . Hal ini berbeda dari versi sebelumnya dari VB karena lebih memfokuskan pada data itu sendiri sedangkan versi sebelumnya lebih fokus pada tindakan . Versi sebelumnya dari VB dikenal sebagai bahasa pemrograman prosedural atau fungsional . Beberapa bahasa pemrograman prosedural lainnya adalah C , Pascal dan Fortran .

VB2010 memungkinkan pengguna untuk menulis program yang terurai menjadi modul . Modul ini akan mewakili benda dunia nyata dan tahu sebagai kelas atau jenis . Sebuah objek dapat diciptakan dari sebuah kelas dan dikenal sebagai instance dari kelas . Kelas A juga dapat terdiri dari subclass . Misalnya, pohon apel merupakan subclass dari kelas tanaman dan apel di halaman belakang Anda adalah turunan dari kelas pohon apel . Contoh lain adalah siswa kelas adalah subclass dari kelas manusia sementara anak Anda John adalah turunan dari kelas mahasiswa .

Kelas A terdiri dari anggota data serta metode . Di VB2010 , struktur program untuk mendefinisikan kelas Manusia dapat ditulis sebagai berikut :

Kelas Public Manusia
' Members data
Nama swasta As String
Birthdate swasta As String
Jenis Kelamin swasta As String
Swasta Umur As Integer
' Metode
Overridable Sub showinfo ( )
MessageBox.Show ( Nama )
MessageBox.Show ( lahir )
MessageBox.Show (Gender )
MessageBox.Show ( Usia )
end Sub
end Class



Mari kita lihat satu contoh tentang bagaimana untuk membuat kelas . Contoh berikut ini menunjukkan Anda bagaimana untuk membuat sebuah kelas yang dapat menghitung BMI Anda ( Body Mass Index ) .

Untuk membuat kelas , mulai VB2010 seperti biasa dan memilih Windows Aplikasi . Di VB2010 IDE , klik pada Project pada menu bar dan pilih Add Class, Add New Item dialog muncul, seperti terlihat pada Gambar di bawah ini :



Kelas standar Class1.vb akan muncul sebagai tab baru dengan jendela kode . Ubah nama kelas sebagai MyClass.vb . Ubah nama formulir sebagaimana MyFirstClass.vb .

Sekarang , di jendela MyClass.vb , masukkan kode berikut

Public Function BMI (tinggi ByVal As Single, ByVal berat As Single)

BMI = Format ( ( berat ) / (tinggi ^ 2 ) , " 0.00 " )

end Function

Sekarang Anda telah membuat sebuah kelas ( objek ) disebut MyClass dengan metode yang dikenal sebagai BMI .

Untuk menggunakan kelas BMI , masukkan tombol ke dalam formulir dan klik pada tombol untuk memasukkan kode berikut :

Private Sub BtnCalBmi_Click ( ByVal sender As System.Object , ByVal e As System.EventArgs ) Menangani BtnCalBmi.Click
Dim MyObject Sebagai Obyek
Dim h, w Sebagai Single
MyObject = New myclass1 ( )
h = InputBox ( " Apa tinggi badan Anda dalam meter" )
w = InputBox ( " Apa berat badan Anda di kg " )
MessageBox.Show ( MyObject.BMI (h , w ) )

end Sub

Ketika Anda menjalankan program ini dan klik tombol , pengguna akan disajikan dengan dua kotak input untuk memasukkan tinggi dan berat badan nya kemudian dan nilai BMI akan ditampilkan dalam kotak pesan pop - up
24 Jan 2014

0 komentar:

Posting Komentar

:) :)) ;(( :-) =)) ;( ;-( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.